PENGARUH SIMULASI KOMPUTER DENGAN METODE INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

ABDUL MAHRI LOLY A.M, NIM. 07690020 (2013) PENGARUH SIMULASI KOMPUTER DENGAN METODE INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIMULASI KOMPUTER DENGAN METODE INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIMULASI KOMPUTER DENGAN METODE INFORMATION SEARCH (IS) TERHADAP PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dengan tujuan 1) Mengetahui bagaimana pengaruh simulasi komputer dengan metode Information Search terhadap partisipasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada pembelajaran fisika. 2) Mengetahui pengaruh simulasi komputer dengan metode Information Search terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel penelitian kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan treatment simulasi dengan metode Information Search dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol dengan treatment Slide Power Point dengan metode Information Search. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan uji anava satu jalur dan uji lanjut Tukey. Pembelajaran menggunakan simulasi komputer dengan metode Information Search berpengaruh terhadap partisipasi dan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan Slide Power Point, ditunjukan dengan hasil penelitian bahwa 1) pembelajaran menggunakan simulasi komputer dengan metode Information Search berpengaruh terhadap partisipasi belajar siswa, sebesar 84,29% pada pertemuan I dan sebesar 91,96% pada pertemuan II. 2) Terdapat pengaruh simulasi komputer dengan metode Information Search terhadap prestasi belajar siswa, dari rerata skor hasil tes dimana kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yaitu 82,04 berbanding 75,00. Hasil uji anava satu jalur menunjukan atau 11,53 > 4,03 dan uji lanjutan menggunakan uji Tukey diperoleh atau 4,99 >2,89. Kata kunci : simulasi komputer, metode Information Search, partisipasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 15 May 2013 09:30
Last Modified: 17 Mar 2016 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7692

Actions (login required)

View Item View Item