EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPERASI ALJABAR SMP

ANNA MUFIDATUL BAROROH, NIM. 08600109 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPERASI ALJABAR SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPERASI ALJABAR SMP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OPERASI ALJABAR SMP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) yang dikombinasikan dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) dibandingkan model konvensional untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian dilakukan di kelas VIII MTs AL Hidayah Wonoboyo tahun ajaran 2012/2013 semester ganjil pada pokok bahasan pemfaktoran aljabar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model konvensional, sedangkan variabel terikat yaitu minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs AL Hidayah Wonoboyo tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas (sebanyak 65 siswa). Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre angket, pos angket, pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan media LKS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar. Hal ini dapat dilihat pada uji Mann Whithney dengan nilai signifikansi sebesar 0,022 < 0,05. Pada Kemampuan Pemecahan Masalah, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan media LKS lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis pada uji Mann Whithney dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kata Kunci: TAI (Team Assisted Individualization), LKS (lembar kerja siswa), minat belajar, dan kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 16:38
Last Modified: 28 Apr 2022 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum