EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

BAKHRODIN, NIM. 08600067 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 pada materi segiempat (trapesium dan layang-layang).. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B, C, dan D MTs Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun pengambilan sampel diperoleh kelas VII C dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII D dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk memperoleh data digunakan soal posttest dalam bentuk uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengujian hipotesis Mann-Whitney U. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dari pada rata-rata nilai kelas kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci : Efektivitas, Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 16:46
Last Modified: 25 Jan 2016 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum