UJICOBA MODUL KIMIA SMA/MA KELAS XII MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING KARYA IRFA YANTI

RETNO ALIYATUL FIKROH, NIM. 09670021 (2013) UJICOBA MODUL KIMIA SMA/MA KELAS XII MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING KARYA IRFA YANTI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UJICOBA MODUL KIMIA SMA/MA KELAS XII MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING KARYA IRFA YANTI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UJICOBA MODUL KIMIA SMA/MA KELAS XII MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN PENDEKATAN JOYFUL LEARNING KARYA IRFA YANTI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul kimia materi pokok Sifat Koligatif Larutan dengan pendekatan joyful learning karya Irfa Yanti berdasarkan ujicoba lapangan. Penelitian ini juga mengkaji modul ditinjau dari prestasi dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) lanjutan yang telah dilakukan oleh Irfa Yanti, S.Pd.Si dengan kualitas produk sangat baik. Pengembangan lanjutan ini merupakan ujicoba modul kimia materi pokok Sifat Koligatif Larutan yang dilakukan di MAN Lab UIN Yogyakarta dengan melibatkan 29 peserta didik kelas XII IPA 1. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket respon peserta didik terhadap modul, soal tes dan lembar angket minat belajar kimia. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa respon peserta didik terhadap modul pada ujicoba lapangan adalah 93,63% me beri respon positif dan 6,37% memberi respon negatif. Hasil untuk kajian produk terhadap minat belajar peserta didik terhadap modul adalah 89,65% memberi repon positif dan 10,35% memberi respon negatif. Adapun kajian produk terhadap prestasi belajar diperoleh persentase ketuntasan peserta didik sebesar 79,30%. Dengan demikian, modul kimia tersebut dikategorikan baik dalam menambah prestasi dan minat belajar kimia menjadi lebih baik. Kata Kunci: ujicoba modul, joyful learning prestasi belajar, minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 17:54
Last Modified: 17 Mar 2016 17:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum