EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

ROSYIDAWATI, NIM. 08600016 (2013) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN PERAN AKTIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan peran aktif siswa. (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian kuasi eksperimen kelompok kontrol non ekuivalen (Non Equivalent Control Group Design). Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing dan pembelajaran dengan metode ceramah, variabel terikat berupa peran aktif siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan variabel kontrol berupa materi, waktu, kelas, dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon sebanyak 190 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik penggabungan sampling purposive dan random sampling, diperoleh kelas VIIIF sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor gain. Hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah terhadap peningkatan peran aktif siswa. (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi teknik kancing gemerincing lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), Kancing Gemerincing, Peran aktif, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 18:02
Last Modified: 27 Jan 2016 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum