EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO

YULI RAHAYU, NIM. 08600023 (2013) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF KALIWIRO)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing melalui pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design di mana subjek penelitiannya adalah siswa MTs Ma’arif Kaliwiro kelas VIII tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan hanya menggunakan instrument tes. Teknik analisis data menggunakan uji-T . Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t posttest aspek pemahaman konsep matematika adalah 0,0035 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (H0 ditolak) yang menunjukkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing melalui pendekatan open-ended lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Sedangkan uji t posttest aspek kemampuan penalaran matematika adalah 0,0315 yang berarti lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 0,05 (H0 ditolak) yang menunjukkan bahwa metode pembelajaran penemuan terbimbing melalui pendekatan open-ended lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap penalaran matematika siswa. Kata kunci: metode penemuan terbimbing, pendekatan open ended, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan penalaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 May 2013 18:33
Last Modified: 26 Jan 2016 16:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum