PEMBINAAN KARAKTER BAGI SISWA DI MADRASAH MU’ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

DIFAUL HUSNA, NIM. 09410182 (2013) PEMBINAAN KARAKTER BAGI SISWA DI MADRASAH MU’ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KARAKTER BAGI SISWA DI MADRASAH MU’ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KARAKTER BAGI SISWA DI MADRASAH MU’ALIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

DIFA’UL HUSNA. Pembinaan Karakter bagi Siswa di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemahaman akan pentingnya pendidikan karakter bagi siswa sebagai sarana untuk menangkal pengaruh negatif dari perkembangan globalisasi. Oleh karena itu diperlukan penelitian terhadap sekolah terkait dengan pelaksanaan pendidikan karakter. Adapun menurut peneliti pendidikan karakter di pondok pesantren (boarding school) akan lebih efektif karena didukung pengawasan yang intensif dan berkesinambungan di sekolah dan di asrama. Sebagaimana diterapkan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang menerapkan pembinaan karakter dengan tujuan untuk membentuk karakter muslimah dan membentuk kader ulama, pemimpin dan pendidik sebagaimana tercantum dalam visi, misi dan tujuan pendidikannya. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan data display. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan pendukung yang dilaksanakan di sekolah yakni sholat Dhuha dan Dhuhur berjamaah, tadarus Al- Qur’an dan infaq. Kegiatan yang dilaksanakan di luar sekolah diantaranya Hizbul Wathan, Baitul Arqom, Tim Dakwah Lokal, komunitas siswa, pertujukan serta perlombaan antar siswa, dan kegiatan yang dilaksanakan di asrama berupa pelajaran tambahan. 2) Hasil dari pembinaan karakter dalam rangka membentuk pribadi muslimah dapat diketahui bahwasanya pelanggaran yang dilakukan siswa kelas X merupakan pelanggaran yang bersifat ringan. Sedangkan hasil pembinaan karakter untuk mencapai tujuan pendidikan dapat diketahui bahwa karakter siswa hingga kelas X sudah mulai terbentuk. 3) Faktor pendukung dari pembinaan karakter adalah sekolah yang dikhususkan untuk putri, sarana prasarana yang positif, diberlakukannya sistem boarding school, dan adanya pembina di setiap asrama. Faktor penghambatnya adalah lahan yang kurang memadai, siswa yang masuk Madrasah bukan karena keinginannya, asrama yang dekat dengan keramaian, perbedaan aturan di setiap asrama, dan pelajaran asrama yang kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 May 2013 11:09
Last Modified: 28 Jul 2017 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7720

Actions (login required)

View Item View Item