KORELASI MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA

EMIRUS AFIDAH, NIM. 08480037 (2013) KORELASI MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KORELASI MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KORELASI MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

EMIRUS AFIDAH, Korelasi Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta Skripsi.Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) minat baca siswa kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta, 2) prestasi belajar Bahasa Indonesia kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta, 3) ada tidaknya korelasi yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini merupakan penelitian lapangan yang berjenis kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 51 siswa. Adapun sampel yang digunakan sejumlah 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen menggunakan angket minat, dan pretasi menggunakan nilai tes hasil belajar, dan teknik analisis data yaitu korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat baca siswa kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 berada pada kategori cukup dengan mean 25,12 persentase 40,00% dengan jumlah subjek 10 siswa, 2) prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta dapat dikatakan cukup dengan mean 72,48 persentase 60,00% dengan jumlah subjek 15 siswa, 3) Hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment, diketahui bahwa nilai r hitung sebesar 0,013, sedangkan dalam tabel taraf keabsahan 5 % dan N (Jumlah) sebesar 25 responden, diperoleh nilai rtabel sebesar 0,3, karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel (0,013> 0,05), maka hipotesis nilai (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan yang dapat diambil bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kemampuan minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VA MIN Jejeran, Bantul, Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang di ajukan dapat diterima. Kata Kunci: korelasi, minat baca, prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 May 2013 18:30
Last Modified: 14 Feb 2017 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum