KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

NORMA DEWI SHALIKHAH, NIM. 09480028 (2013) KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

NORMA DEWI SHALIKHAH, Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pendidikan dalam Pengembangan Kompetensi Guru di MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi guru yang belum optimal seperti guru belum sepenuhnya menguasai karakteristik siswa, dan baru sebagian kecil guru menggunakan variasi metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi dalam pengembangan kompetensi guru, problematika yang dihadapi dan solusinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap Kepala Madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam mengembangkan kompetensi guru di MIN Kebonagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Kebonagung. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala MIN Kebonagung, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, pengamatan partisipatif, dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran Kepala Madrasah sebagai supervisor pendidikan dalam pengembangan kompetensi guru memiliki tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip tertentu. Dalam pelaksanaan supervisi menggunakan teknik individual dan teknik kelompok. Adapun macam teknik individual yang digunakan adalah teknik kunjungan kelas, pembicaraan individual, dan inspeksi mendadak (sidak). Sedangkan teknik kelompok yang digunakan adalah rapat guru, studi banding, seminar, dan penataran/diklat. Upaya Kepala Madrasah dengan meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru, meningkatkan kualifikasi guru, menyediakan media atau alat peraga, memberi kesempatan untuk melanjutkan studi, serta mengembangkan kepribadian dan sosial guru. (2) Problematika yang dihadapi Kepala Madrasah meliputi jadwal kunjungan kelas yang meleset, kurangnya kedisiplinan, sarana dan prasarana kurang lengkap, lulusan guru sebagian belum standar S1, kurang meninjau program sebelumnya, dan sumber dana yang terbatas. (3) Upaya untuk menghadapi problematika yang dihadapi Kepala Madrasah adalah menjelaskan alasan mengapa tidak bisa menjalankan kunjungan kelas sesuai jadwal (lalu membuat kesepakatan jadwal baru), berusaha disiplin, melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan, mendorong para guru untuk melanjutkan pendidikan, meninjau kembali program, mengajukan proposal kerjasama ke lembaga/instansi, donatur, dan lain sebagainya. Selain itu cermat mengatur keuangan dengan mendahulukan mana yang lebih penting. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Supervisor Pendidikan, Kompetensi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 16:43
Last Modified: 30 Jan 2017 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum