MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CTL) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR (SMA IT ABU BAKAR) YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

QORIAH, NIM.: 09420033 (2013) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CTL) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR (SMA IT ABU BAKAR) YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CTL) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR (SMA IT ABU BAKAR) YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL ( CTL) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU ABU BAKAR (SMA IT ABU BAKAR) YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual dan juga guna mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam berjalannya proses pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan cara menggambarkan fakta proses pelaksanaan pembelajaran di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dan mengambil kesimpulan dengan menmverivikasi data yang lebih mendalam dengan menelaah hasil yang telah dikumpulakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Manajemen sudah dilaksanakan sebagaimana fungsi-funsi manajemen itu sendiri yaitu: Pertama, perencanaan pembelajran, dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran seorang guru berpacu pada KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kedua, pengorganisasian pembelajran, dalam pengorganisasian pembelajaran kurang begitu evektif karena pendekatan, strategi, metode dan pengelolaan kelas belum sesuai dengan KTSP yang dijalankan. Ketiga, pengarahan pembelajaran, pengarahan yang dilakuakan yaitu guru menjadikan dirinya sebagai fasilitator bagi siswanya, dan juga menjadikan dirinya sebagai motivator. Keempat, pengawasann pembelajaran, pengawasan pembelajaran yang dilakukan dengan melakukan sebuah penilaian. 2) Pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual sudah dilaksanakan sejak tahun 2005, dalam pelaksanaan pembelajran bahasa Arab guru menggunakan buku ���� ��� ��� ��� jilid 2. Dengan menggunakan buku tersebut pembelajaran lebih meningkat bibandingkan dengan sebelumnya. Guru mengajar dengan menggunakan metode campuran, dengn menerjemahkan, memahami teks bacaan, praktek, dan juga hafalan kosa kata. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab meliputi: siswa dari pesantren, motivasi guru, buku panduan ���� ��� ��� �� jilid 2. Faktor penghambat antara lain: siswa dari SMP, laboratorium bahasa, bi’ah lughowiyah dan bahasa Arab belum menjadi mata pelajaran yang di UAN kan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zaenal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab; manajemen pendidikan; guru; siswa
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 17:02
Last Modified: 11 Oct 2022 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7738

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum