STUDI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SAINS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB – A YAKETUNIS YOGYAKARTA

YULIA AYUSANNINGTYAS, NIM : 08480031 (2013) STUDI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SAINS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB – A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SAINS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB – A YAKETUNIS YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SAINS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS V DI SLB – A YAKETUNIS YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)

Abstract

Yulia Ayusanningtyas. Implementasi Strategi Pembelajaran Sains untuk Peserta didik Tuna Netra Kelas V di SLB-A Yaketunis. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah; untuk mengetahui strategi apa sajakah yang digunakan oleh guru mata pelajaran Sains di SLB-A Yaketunis, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru dalam menentukan strategi pembelajaran sains untuk peserta didik tuna netra kelas V SLB-A Yaketunis dan untuk mengetahui cara guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami dalam menentukan strategi pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model mails dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sains di SLB-A Yaketunis adalah strategi ekspositori. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, dikte, dan demonstrasi serta media yang digunakan adalah potongan kaca dan contoh makanan dan minuman yang sehat dan tidak sehat. (2) Faktor pendukung bagi guru dalam menentukan strategi pembelajaran adalah motivasi guru, motivasi peserta didik, dan kreativitas atau kompetensi guru dalam menyajikan strategi pembelajaran. Faktor penghambat adalah kurangnya faktor pendukung seperti sumber belajar, media pembelajaran, dan beberapa materi dalam mata pelajaran sains yang masih cukup sulit untuk disampaikan kepada peserta didik. (3) Cara guru mengatasi kesulitan dalam menentukan strategi adalah banyak membaca buku dan literatur, banyak bertanya kepada rekan sesama guru yang lebih berpengalaman, dan belajar dari pengalaman. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru Sains, Peserta Didik Tuna Netra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 May 2013 17:45
Last Modified: 19 Jan 2017 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum