METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

YUNI IRAWATI, NIM. 09410101 (2013) METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI TERHADAP ANAK MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM BUKU PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

YUNI IRAWATI, Metode Pendidikan Karakter Islami Terhadap Anak Menurut Abdullah Nasih Ulwan dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa anak merupakan amanah Allah SWT kepada pendidik khususnya orangtua yang harus dididik menjadi manusia yang beriman dan beribadah kepada-Nya. Dalam posisi ini, peran pendidik didukung kuat oleh metode pendidikan dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap anak. Permasalahan penelitian ini adalah metode apa saja yang dapat membentuk karakter Islami terhadap anak menurut Abdullah Nasih Ulwan dan bagaimana relevansi metode pendidikan karakter dengan tujuan pendidikan nasional. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menambah khazanah keilmuan, khususnya dalam metode pendidikan Islam Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis pedagogis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi terhadap data primer maupun data sekunder. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, guna mewujudkan sebuah generasi yang memiliki karakter kokoh serta iman dan Islam yang kuat maka diperlukan penanaman nilai-nilai kepribadian pada anak. Oleh karena itu dibutuhkan metode pendidikan karakter Islami pada anak. Menurut penjabaran Abdullah Nasih Ulwan dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan karakter Islami, antara lain: Metode pendidikan dengan keteladanan, metode pendidikan dengan adat kebiasaan, metode pendidikan dengan nasehat, metode pendidikan dengan perhatian (pengawasan), dan metode pendidikan dengan hukuman. Kedua, adanya relevansi dengan tujuan pendidikan nasional. Beberapa kandungan metode yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional bisa dikategorikan menjadi dua yakni metode yang mengantarkan pada pendidikan spiritual yang dapat mengantarkan pada pendidikan keimanan yang diekspresikan dalam bentuk iman dan taqwa dan ruhani yang sehat. Kedua, metode yang mengantarkan pada pendidikan intelektual yang mengantarkan pada pendidikan moral dan sosial, yang diekspresikan dalam bentuk cakap, berilmu, kreatif, mandiri, jasmani yang sehat, dan sikap yang demokratis serta tanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 May 2013 10:49
Last Modified: 07 Aug 2018 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7745

Actions (login required)

View Item View Item