IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA DARUL ULUM 2UNGGULAN BPPT JOMBANG)

IS’AUNATIN ‘AZZAH, NIM. 09470061 (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA DARUL ULUM 2UNGGULAN BPPT JOMBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA DARUL ULUM 2UNGGULAN BPPT JOMBANG))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS PENERAPAN KURIKULUM CAMBRIDGE DI SMA DARUL ULUM 2UNGGULAN BPPT JOMBANG))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

IS’AUNATIN ‘AZZAH. Implementasi Kurikulum Internasional (Studi Kasus Penerapan Kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2013. Latar belakang dari penelitian ini adalah pada era globalisasi saat ini merupakan era persaingan yang kompetitif, untuk dapat bersaing dan meraih sukses salah satunya dengan mewujudkan masyarakat yang berkualitas. Salah satu lembaga yang bertanggung jawab atas hal itu adalah pendidikan, kurikulum sebagai alat dalam pendidikan berfungsi untuk membina dan mengembangkan siswa menjadi manusia berilmu, bermoral, mandiri dan kreatif. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi: 1) bagaimana konsep kurikulum Cambridge yang diterapkan di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang?. 2) bagaimana penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang?. 3) bagaimana hasil dari penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi kurikulum internasional yakni kurikulum Cambridge, untuk mengetahui konsep kurikulum Cambridge dan wujud dari konsep tersebut yaitu penerapan kurikulum Cambridge serta untuk mengetahui hasil yang dicapai dalam penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa : 1) Konsep penerapan kurikulum Cambridge di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang yakni dengan mewajibkan semua siswa-siswinya untuk memiliki sertifikat Cambridge minimal satu bidang studi dengan cara mengikuti ujian sertifikasi Cambridge. 2) Bentuk penerapan kurikulum Cambridge yaitu dilaksanakan pada jam intrakurikuler sekolah, selain itu juga diadakan pembinaan satu kali dalam satu minggu untuk satu Subject atau satu mata pelajaran serta pembinaan intensif yang dilakukan selama dua hari menjelang ujian sertifikasi Cambridge. 3) Hasil yang dicapai dalam penerapan kurikulum Cambridge yaitu memberikan dampak positif bagi guru dan terutama siswa. Wawasan siswa lebih luas serta memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya prestasi-prestasi yang diraih dalam berbagai perlombaan serta banyaknya lulusan atau alumni yang diterima di perguruan tinggi luar negeri dengan jalur beasiswa. Keyword: Kurikulum Cambridge adalah kurikulum yang diadaptasi dan diadopsi dari University Of Cambridge. Badan yang menaungi kurikulum tersebut adalah CIE (Cambrigde International Examination).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 May 2013 10:38
Last Modified: 21 May 2013 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7784

Actions (login required)

View Item View Item