PARIWISATA DAN PEREKONOMIAN NELAYAN ( Studi Implikasi Wisata Bahari Terhadap Peningkatan Perekonomian Nelayan Muslim di Desa Olele Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo )

KETTY CORY BIN UMAR - NIM. 05241051, (2008) PARIWISATA DAN PEREKONOMIAN NELAYAN ( Studi Implikasi Wisata Bahari Terhadap Peningkatan Perekonomian Nelayan Muslim di Desa Olele Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo ). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara kompleks kemiskinan nelayan dipengaruhi kemiskinan absolut, kemiskinan relatif, dan kemiskinan kultur yang digabung dalam konsep kemiskinan struktural. Selain itu, karena penduduknya mayoritas islam dan heretogen, juga pola sosial masyarakat yang terbuka. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implikasi pengembangan program pariwisata terhadap peningkatan perekonomian di kawasan komunitas nelayan muslim di desa Olele. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemiskinan komunitas nelayan muslim di desa Olele. Implikasi pengembangan potensi sumber-sumber masyarakat nelayan tradisional.Desain penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data di lapangan. Pertimbangan menyesuaikannya lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan ganda: menyajikan secara langsung hakikat dari hubungan antara peneliti dengan responden dan metode ini lebih peka dan dapat beradaptasi dengan banyak penejaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang di hadapi. Hirarki otoria, prosedur pelaksanaan dan impersonalitas patokan utama untuk menilai pelaksanaan program tersebut adalah sampai seberapa kebutuhan masyarakat penerima manfaat memperoleh dampak dari program tersebut. (i) Data sekunder berasal dari instansi terkait Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolanggo dan Provinsi Gorontalo, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bone Bolanggo dan Instansi Provinsi Gorontalo, dengan hasil penyebaran kuesioner. (ii) Data Primer diperoleh melalui wawancara langsung dari aparat Pemerintah Desa, Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), organisasi nelayan desa serta masyarakat nelayan muslim itu sendiri.Berdasarkan hasil penelitian, situasi kondisi sosial terjadi: sehingga muncullah pembangunan wisata bahari di kawasan komunitas nelayan muslim, dilakukan untuk menyiasati tekanan-tekanan baik secara internal atau eksternal yang dialami nelayan. Dalam pengembangan wisata bahari dengan memberikan peluang kerja terhadap komunitas anak-anak nelayan merupakan manifestasi yang dilakukan pemerintah di dalam mencapai pembangunan perekonomian komunitas nelayan muslim di Olele.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr.Sekar Ayu Aryani, MA.
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, kemiskinan, ekonomi, sosial dan budaya
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item