PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP N 5 BANGUNTAPAN BANTUL

AINUL MARYA RAHMANI , NIM. 08600104 (2013) PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP N 5 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP N 5 BANGUNTAPAN BANTUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP N 5 BANGUNTAPAN BANTUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengkaji peran guru dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (selanjutnya disingkat KTSP) pada pembelajaran matematika dengan tujuan (1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam implementasi KTSP pada pembelajaran matematika dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi KTSP. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul dengan subyek penelitian adalah guru bidang studi matematika yang mengajar di kelas VII dan VIII. Penelitian ini mengkaji beberapa hal yang berkaiatan dengan implementasi KTSP, khususnya mengenai peran guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis, sedangkan untuk lembar observasi dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi KTSP pada pembelajaran matematika sudah dikatakan baik, hal ini berdasarkan hasil observasi saat pembelajaran berlangsung, akan tetapi masih perlu perbaikan dari segi ketepatan penggunaan metode, media, pemanfaatan waktu, dan mengkondisikan siswa. (2) Peran guru matematika dalam mengimplementasikan KTSP belum terealisasikan dengan baik. Hal ini dilihat dari kemampuan setiap guru matematika belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri. RPP yang disusun di awal semester dan tidak direvisi kembali, mengakibatkan rencana yang disusun tidak sesuai dengan pelaksanaan proses pembelajaran. Disisi lain, sekolah maupun pemerintah daerah sudah mengadakan evaluasi secara rutin selama satu semester guna memperbaiki kinerja guru khususnya dalam proses pembelajaran. Namun, belum ada perubahan yang signifikan. (3) Faktor pendukung dalam implementasi KTSP yaitu adanya program sekolah dalam rangka implementasi KTSP, adanya tim pengembangan dan penyusun KTSP, adanya sistem penilaian kinerja guru. Faktor penghambat implementasi KTSP yaitu terbatasnya dana dan waktu, kurangnya sarana prasarana serta kurangnya kesiapan siswa untuk belajar mandiri. Kata Kunci : Peran guru, Implementasi KTSP pada Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 May 2013 18:00
Last Modified: 25 Jan 2016 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum