EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

LINDAWATI, NIM. 09420062 (2013) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)

Abstract

Lindawati. Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran bahasa Arab dengan penerapan model cooperative learning tipe spontaneous group discussion (SGD) dilengkapi teknik kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Experimental Research), Penelitian experiment research ini dilakukan dengan pemberian perlakuan (treatment) kepada suatu kelas yang selanjutnya disebut dengan kelas eksperimen akan diperbandingkan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatment) yang selanjutnya disebut kelas kontrol. Adapun siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa, yang terdiri dari kelas A yang dijadikan sebagai kelas eksperiment dengan jumlah 31 siswa dan kelas B yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan model cooperative learning tipe spontaneous group discussion (SGD) dilengkapi teknik kancing gemerincing lebih efektif secara signifikan daripada metode ceramah terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan menggunakan bantuan SPSS 16. Hasil output menunjukkan bahwa pada uji independent sample t-test nilai post test siswa kelas sampel didapat bahwa nilai sig. sebesar 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak. Berarti rata-rata nilai post test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai post test siswa kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 May 2013 20:44
Last Modified: 03 May 2017 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum