FAKTOR PENAWARAN DAN PERMINTAAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ADANYA PEKERJA ANAK (Studi Tentang Perilaku Pekerja Anak di Pasar Sentral Kota Gorontalo)

MEYKE ALIE, S.Pd - NIM. 05241056, (2008) FAKTOR PENAWARAN DAN PERMINTAAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP ADANYA PEKERJA ANAK (Studi Tentang Perilaku Pekerja Anak di Pasar Sentral Kota Gorontalo). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah pekerja anak dengan judul "Faktor Penawaran dan Permintaan serta Implikasinya terhadap adanya Pekerja Anak (Studi tentang Perilaku Pekerja Anak di pasar Sentral kota Gorontalo)".Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sisi penawaran yang merupakan faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat dalam menyediakan tenaga anak-anak untuk bekerja, sedangkan sisi permintaan menunjukkan faktor-faktor yang mendukung pengusaha atau majikan atau pengguna jasa memutuskan untuk menggunakan pekerja anak sebagai faktor produksi. Faktor-faktor ini utamanya dilihat dari perilaku yang dilakukan oleh pekerja anak di pasar Sentral kota Gorontalo serta usaha-usaha penanganan masalah pekerja anak oleh pemerintah daerah Gorontalo.Sumber data dalam penelitian ini yaitu pekerja anak di pasar Sentral kota Gorontalo dengan rentang usia 7-15 tahun dengan jumlah informan pekerja anak sebanyak 10 orang. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan Psikologi sosial.Pengambilan data primer tentang pekerja anak menggunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan pengambilan data sekunder kepada informan lain seperti kepada pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Gorontalo, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial kota Gorontalo, kepala kelurahan tempat tinggal pekerja anak, guru pada program pembelajaran bagi pekerja anak dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara. Untuk menganalisis data, penulis melakukan analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk mendiskripsikan data penelitian sesuai dengan variabel-variabel yang akan diteliti.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, keberadaan pekerja anak dilihat dari faktor penawaran yaitu pertama, faktor kemiskinan dikarenakan oleh kurangnya akses terhadap sumber permodalan, hambatan dalam pemanfaatan sumberdaya alam, jumlah anggota keluarga yang besar, tempat tinggal yang tidak memadai dan tingkat penghasilan yang rendah. Lalu dilihat dari faktor budaya (nilai dan norma agama) disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan pemahaman terhadap norma agama dan kecenderungan mengutamakan aktivitas mendapatkan uang. Dilihat dari faktor permintaan yaitu pasar kerja/lapangan usaha dikarenakan jasa pekerja anak/buruh angkat sangat dibutuhkan di lokasi pasar dan bekerja di pasar merupakan sarana memperoleh uang yang mudah. Faktor-faktor penawaran dan permintaan inilah yang berimplikasi terhadap adanya peningkatan jumlah pekerja anak di pasar Sentral kota Gorontalo. Kedua, pekerja anak di pasar Sentral kota Gorontalo dalam realitasnya harus mengalami kondisi dilematis antara membantu orang tua mencari nafkah dan resiko pengabaian terhadap hak-hak sebagai anak. Ketiga, Usaha penanganan pekerja anak oleh Pemerintah Daerah belum efektif karena akar masalah yaitu penanganan terhadap faktor penawaran dan permintaan yang berimplikasi terhadap adanya pekerja anak belum teratasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sekar Ayu Aryani, MA.
Uncontrolled Keywords: Penawaran, permintaan, implikasi, pekerja anak
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 Dec 2016 03:22
Last Modified: 28 Dec 2016 03:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item View Item