MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MA'HAD ALI BIN ABI THALIB DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

IDA SAYEKTI - NIM. 05223571, (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MA'HAD ALI BIN ABI THALIB DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Ma'had Ali Bin Abi Thalib Berdasarkan pengamatan penulis proses pembelajarannya cukup memuaskan, terbukti dengan semakin lancarnya mahasiswa dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Arab dan mampunya lulusan ma'had tersebut untuk mengajar bahasa Arab dan pendidikan agama Islam. Tidak hanya lulusannya mahasiswanya yang masih belajarpun sudah bisa mengajar bahasa Arab. Fokus penelitian pada, Bagaimanakah pesiapan lembaga pembelajaran bahasa Arab yang meliputi seleksi mahasiswa, rekrutmen pengajar, supervisi, pembekalan dan pelatihan pengajar, penggunaan sarana dan prasaran dalam kegiatan pembelajaran. Bagaimanakah manajemen pembelajaran bahasa Arab yang di lakukan pengajar yang bertempat yang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar. Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat pembelajaran bahasa Arab di ma'had Ali Bin Abi Thalib yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.Penelitian dilakukan di Ma'had Ali Bin Abi Thalib, bertempat di kampus II Universitas muhammadiyah Yogyakarta, Jln. IKIP PGRI Ngestiharjo, Sonopakis, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya pimpinan ma'had, wakil pimpinan ma'had bagian putri, ustaz|ah, mahasiswi dan bagian administrasi.Manajemennya lembaga mengacu kepada AMCF, ustaz|ahnya diseleksi dari AMCF, mahasiswinya dites oleh ustaz|ah yang ada dalam lembaga, tetapi yang menentukan kelasnya AMCF, untuk supervisi dari AMCF dengan mendatangkan penilik, sarana dan prasaran pembelajaran sudah lengkap. Silabus dari AMCF, ustazah persiapan pembelajarannya dengan merangkum materi, menulis kosa kata baru, untuk alat pembelajaran, alokasi waktu, ruang kelas hanya sebagai saja yang membuat. Ketika masuk kelas dengan mengucap salam lalu memberi kesempatan mahasiswi suruh bertanya atau mengingatkan kembali pelajaran yang di bahas kemarin dengan pertanya, ada yang langsung penjelasan. Dalam penjelasan kelas persiapan dan kelas satu menggunakan bahasa Indonesia dan untuk kelas dua sampai empat menggunakan bahasa Arab. Mahasiswi boleh bertanya kapanpun walaupun sedang dijelaskan asal sesuai dengan materi yang sedang di bahas. Setelah menjelaskan memberi waktu untuk bertanya atau memberi pertanyaan atau latihan dalam buku. Untuk rangkuman dibuat ketika sedang menjelaskan dan untuk kelas persiapan dan kelas satu dibuat bersama-sama ustaz|ah dengan mahasiswi. Penilaian 10% nilai harian, 30% nilai mid semester dan 60% nilai semester. Yang menetukan naik tidaknya AMCF.Manajemen pembelajaran yang dilakukan ustazah sangat berpengaruh terhadap kelancaran mahasiswi dalam ber bahasa Arab. Tetapi juga harus didukung dengan faktor yang lain, yaitu: mata pelajaran yang saling berhubungan, mahasiswi yang bersungguh-sungguh dan rajin, pengajar (ustaz|ah) yang bersungguh-sungguh dalam mengajar, sarana dan prasarana yang lengkap Faktor pendukung sarana dan prasarana lengkap, pengajar dari P.T. timur tengah, faktor penghambat dihapuskannya beasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Sukamta, M.A.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item