PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI MTs MA’ARIF BOTOPUTIH TEMANGGUNG

AMALINA ZAKIYATUL FIKRI, NIM. 07680028 (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI MTs MA’ARIF BOTOPUTIH TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI MTs MA’ARIF BOTOPUTIH TEMANGGUNG )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI MTs MA’ARIF BOTOPUTIH TEMANGGUNG )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan motivasi belajar sains biologi siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Botoputih Tembarak Temanggung sebagai hasil penerapan model pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together (NHT); 2) peningkatan hasil belajar sains biologi siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Botoputih Tembarak Temanggung sebagai hasil penerapan model pembelajaran cooperative tipe NHT; 3) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative tipe NHT. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Botoputih Temanggung tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 26 siswa. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh keberhasilan peningkatan motivasi, hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket, hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test, sedangkan tanggapan siswa diperoleh melalui angket. Data motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan presentase rata-rata motivasi belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rerata nilai post-test siklus I dan rerata nilai post-test siklus II. Data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan presentase tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 75,46% pada siklus I menjadi 80,04% pada siklus II; 2) pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari tiap siklusnya dengan effect size sebesar 6,25; 3) pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative tipe NHT mendapatkan tanggapan positif dari siswa, ditunjukkan dari hasil angket tanggapan bahwa 75% siswa termasuk dalam kategori tanggapan tinggi dan 25% siswa termasuk dalam kategori tanggapan sedang. Kata Kunci: motivasi, hasil belajar, Cooperative tipe Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 May 2013 17:39
Last Modified: 02 Mar 2016 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum