PENGEMBANGAN TES PEMAHAMAN KONSEP FISIKA BERBASIS PENGETAHUAN FAKTUAL DAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL

APRILIA SANTOFANI, NIM. 07690016 (2012) PENGEMBANGAN TES PEMAHAMAN KONSEP FISIKA BERBASIS PENGETAHUAN FAKTUAL DAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN TES PEMAHAMAN KONSEP FISIKA BERBASIS PENGETAHUAN FAKTUAL DAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN TES PEMAHAMAN KONSEP FISIKA BERBASIS PENGETAHUAN FAKTUAL DAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh instrumen evaluasi pembelajaran berupa tes pemahaman konsep fisika yang berbasis pada pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual serta untuk mengetahui hasil penggunaan dari tes tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran yang digunakan dengan model pengembangan procedural, yang mengikuti beberapa tahapan sehingga menghasilkan instrumen evaluasi untuk siswa SMA. Tahapan-tahapan tersebut antara lain: tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Data penilaian produk diperoleh dari uji soal tes pemahaman konsep dan pengisian angket. Soal tes pemahaman konsep yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda dan soal essay. Uji soal tes pemahaman konsep dilakukan untuk mendapat nilai validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran soal dengan cara melakukan uji coba terbatas dan uji coba publik. Uji coba terbatas dilakukan pada 64 siswa dan uji coba publik dilakukan pada 293 siswa. Kualitas soal tes pemahaman konsep berdasarkan penilaian ahli materi, ahli evaluasi, dan 4 orang guru fisika SMA/MA Hasil penilaian produk dari 4 orang guru fisika memiliki predikat “Baik” skor 117,25 dengan penilaian produknya memiliki persentase keidealan produk sebesar 78,16%, penilaian dari ahli materi memiliki predikat “Baik” skor 114 dengan penilaian produknya memiliki persentase keidealan produk sebesar 76%, dan penilaian dari ahli evaluasi memiliki predikat “Sangat Baik” skor 139 dengan persentase keidealan sebesar 92,67%. Data ini menunjukkan bahwa soal tes pemahaman konsep fisika berbasis pengetahuan faktual dan pengetahuan konseptual yang dikembangkan telah layak untuk diaplikasikan di sekolah SMA/MA. Kata Kunci: instrumen evaluasi, tes pemahaman konsep, pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 May 2013 16:30
Last Modified: 01 Feb 2016 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum