PENGEMBANGAN MEDIA REKAMAN AUDIO KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SERTA MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X

ATIK MUSTAGFIROH, NIM. 08670041 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA REKAMAN AUDIO KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SERTA MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA REKAMAN AUDIO KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SERTA MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA REKAMAN AUDIO KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT SERTA MINYAK BUMI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan karakteristik pengembangan media rekaman audio kimia. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui kelayakan rekaman audio kimia berdasarkan penilaian 3 guru kimia SMA/MA dan respon 5 peserta didik difabel netra SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural bersifat deskriptif. Model ini menggunakan 5 tahap pelaksanaan strategi dalam siklus penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Tahapan-tahapan tersebut meliputi: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan awal, uji coba awal, dan revisi produk. Produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, dosen ahli yang terdiri dari dosen ahli materi dan dosen ahli media, serta 4 orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer (3 guru kimia SMA/MA yang mengajar difabel netra) dan direspon oleh 5 peserta didik difabel netra SMA/MA di Yogyakarta dan Sleman. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (chek list) untuk melihat kualitas produk. Selain itu, menggunakan angket daftar cek (check list) untuk mengetahui respon peserta didik difabel netra terhadap produk. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media rekaman audio kimia. Berdasarkan hasil penelitian, media rekaman audio kimia menurut 3 guru kimia SMA/MA inklusif difabel netra di Yogyakarta dan Sleman memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89,76%. Sedangkan, respon yang dihasilkan menurut 5 peserta didik difabel netra SMA/MA memberikan respon positif 98,75% terhadap rekaman audio kimia. Dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa rekaman audio kimia ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik difabel netra SMA/MA kelas X. Kata Kunci: media rekaman audio kimia, elektrolit dan nonelektrolit, minyak bumi, sumber belajar mandiri, difabel netra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 May 2013 16:42
Last Modified: 19 Feb 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum