PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA KELAS X DI MA NURUL UMMAH

CHALIMATUSA’DIYAH, NIM. 07680039 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA KELAS X DI MA NURUL UMMAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA KELAS X DI MA NURUL UMMAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN BIOLOGI PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK SISWA KELAS X DI MA NURUL UMMAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media berupa buku kartun biologi pada materi pokok virus yang dapat digunakan sebagai salah satu media bagi siswa Kelas X SMA/MA. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui kelayakan media kartun biologi yang dikembangkan sebagai media belajar biologi untuk kelas X semester I pada pokok materi virus. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan modul meggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas media ini berupa lembar angket yang mencakup beberapa aspek penilaian, yaitu: penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, mutu gambar, dan tampilan menyeluruh. Kualitas buku kartun biologi dinilai oleh reviewer tahap I (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan peer reviewer) dan reviewer tahap II (guru biologi dan siswa). Guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 1 guru biologi MA Nurul Ummah, 1 guru biologi MA Wahid Hasyim, dan 15 siswa MA Nurul Ummah kelas X melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif, kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Data peningkatan hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan gain score. Hasil penelitian menurut penilaian 1 ahli materi, 1 ahli ahli media, dan 1 ahli bahasa termasuk baik (B), 3 orang peer reviewer termasuk sangat baik (SB) dan 2 orang guru biologi serta 15 siswa MA Nurul Ummah termasuk kategori baik (B). Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 1,64 dengan nilai gain score 0,303 dan masuk kategori sedang. Berdasarkan penilaian tersebut, Media Kartun Biologi pada Materi Pokok Virus untuk Siswa SMA/MA Kelas X layak digunakan sebagai alternatif belajar pada pelajaran biologi. Kata Kunci: media kartun biologi, media pembelajaran, virus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 May 2013 17:48
Last Modified: 02 Mar 2016 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum