PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA KELAS X SMA/MA SEMESTER 1

TRI SUSANTO, NIM. 08670002 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA KELAS X SMA/MA SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA KELAS X SMA/MA SEMESTER 1 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA KELAS X SMA/MA SEMESTER 1 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik proses dan produk pengembangan media audio pada Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik difabel netra kelas X SMA/MA semester 1. Selain itu, untuk mengetahui kelayakan media audio pada Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik difabel netra kelas X SMA/MA semester 1. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall melalui 5 tahap pengembangan. Tahap pengembangan tersebut yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap uji coba awal, dan tahap revisi produk. Media audio ditinjau oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer, reviewer dan direspon peserta didik difabel netra. Media audio dinilaikan ke ahli materi, ahli media, 3 reviewer dan direspon 5 peserta didik difabel netra. Media audio dinilaikan mengunakan intrumen penilaian. Instrumen tersebut yaitu instrumen penilaian untuk ahli materi, ahli media, reviewer dan instrumen respon peserta didik difabel netra. Hasil penilaian berupa data kuantitatif kemudian dianalisis serta dikonversi mengunakan kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media audio dalam bentuk CD (Compact Disc). Berdasarkan penelitian, media audio memiliki kualitas sangat baik (SB) dari ahli materi dan ahli media. Media audio memiliki kualitas baik (B) dari 3 reviewer dengan persentase keidealan 79,5%. Media audio memiliki persentase keidealan dari peserta didik sebesar 88% dan mendapatkan respon positif dari peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media audio layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik difabel netra kelas X SMA/MA semester 1. Kata Kunci: media audio, struktur atom dan sistem periodik unsur, sumber belajar mandiri, peserta didik difabel netra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 16:47
Last Modified: 22 Feb 2016 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum