PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIM TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013

ENDAH NOVITA KRISTINI, NIM. 09480039 (2013) PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIM TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIM TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MIM TASKOMBANG MANISRENGGO KLATEN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan mengumpulkan informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitannya antara variabel-variabel yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber penelitian di MIM Taskombang Manisrenggo ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V, dan Siswa kelas V MIM Taskombang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) Penerapan KTSP dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai berikut: (a) Dilihat dari pengembangan kurikulum berdasarkan UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; (b) Perencaaan pembelajaran dinilai sudah efektif dilihat dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam penyusunan komponen-komponennya terlihat sudah selaras satu dengan yang lainnya, tetapi dalam penyediaan sarana kurang memadai; (c) Pelaksanaan pembelajaran dinilai masih belum efektif dilihat dari pelaksanaan pembelajaran yang tidak sesuai dengan RPP, kurang mampunya guru dalam mengelola kelas, dan kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai secara maksimal; (d) Penilaian hasil belajar dinilai belum efektif dilihat dari penilaian yang belum menyeluruh dan berkesinambungan; (2) Kendalakendala yang ditemui dalam penerapan KTSP adalah kurangnya sosialisasi tentang KTSP di MIM Taskombang, kurangnya sarana penunjang kegiatan pembelajaran, dan faktor siswa yaitu tingkat kecerdasan siswa yang di bawah rata–rata dan sifat pasif siswa dalam mengikuti pelajaran. Kata kunci : Kurikulum, Pembelajaran, Sekolah, KTSP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 17:04
Last Modified: 26 Jan 2017 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum