PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL

NUR PRATIWI, NIM. 09480019 (2013) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa yang masih melanggar tata tertib madrasah. Pada dasarnya semua guru di MIN Jejera n sudah memberikan contoh yang baik kepada para siswa, namun masih banyak siswa yang melanggar peraturan yang di ada di madrasah. Sebagai contoh, terdapat beberapa siswa yang merokok di lingkungan madrasah, saling mengejek antar siswa, dan kurang menghargai guru dengan berkata kurang sopan terhadap guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak di MIN Jejeran, (2) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlak siswa MIN Jejeran, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitat if. Dengan subyek penelitian Kepala MIN Jejeran, Guru Akidah Akhlak MIN Jejeran, 4 Siswa MIN Jejeran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview serta dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, model data, penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Akidah Akhlak dilakukan seminggu sekali dengan 2 jam mata pelajaran yang diampu oleh 8 guru. Dalam pembelajarannya menggunakan kurikulum Permenag no. 2 tahun 2008 (standar isi 2008 untuk Madrasah Ibtidaiyah). (2) Peran guru Akidah Akhlak adalah sebagai motivator, supervisor, pembimbing, fasilitator, evaluator, dan teladan. (3) Faktor pendukungnya adalah latar belakang siswa yang mayoritas berasal dari keluarga santri, fasilitas madrasah yang memadai, adanya dukungan dari semua pihak, antusias siswa dalam mengikuti program madrasah yang berkaitan dengan peningkatan akhlak siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pihak madrasah tidak bisa memantau akhlak siswa ketika berada di rumah, asumsi yang salah dari sebagian pihak wali siswa yang menyerahkan sepenuhnya kepada pihak madrasah untuk meningkat kan akhlak siswa, lingkungan bermain siswa yang tidak mendukung ketika berada di luar madrasah, kesibukan dari para guru yang mengakibatkan ada kenakalan siswa yang tidak dicatat ke dalam buku catatan kasus siswa, dan ada beberapa siswa yang selalu mengulang pelanggara n yang sama. Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Peran Guru, Peningkatan Akhlak Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 17:29
Last Modified: 30 Jan 2017 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum