IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENDUKUNG TUJUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ‘ULUM JAYASAKTI, ANAK TUHA, LAMPUNG TENGAH

SABKI ATI MURTAFI’AH, NIM. 09470147 (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENDUKUNG TUJUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ‘ULUM JAYASAKTI, ANAK TUHA, LAMPUNG TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENDUKUNG TUJUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ‘ULUM JAYASAKTI, ANAK TUHA, LAMPUNG TENGAH )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENDUKUNG TUJUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH BUSTANUL ‘ULUM JAYASAKTI, ANAK TUHA, LAMPUNG TENGAH )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Manajemen kesiswaan bertujuan mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolah/madrasah lancar, tertib dan teratur. MA Bustanul ’Ulum dipilih sebagai lokasi penelitian karena madrasah tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam hal manajemen kesiswaan terutama dalam bidang penerimaan siswa baru. Dari latar belakang tersebut menghasilkan permasalahan sebagau berikut: Bagaimana pelaksanaan Manajemen Kesiswaan Berbasis Sekolah dalam mendukung tujuan pendidikan di MA Bustanul Ulum? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Manajemen Kesiswaan Berbasis Sekolah dalam mendukung tujuan pendidikan di MA Bustanul Ulum. Sedang kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman penulis tentang pendidikan, khususnya yang terkait dengan Manajemen Kesiswaan Berbasis Sekolah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang meggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek dilakukan dengan cara purposive sampling, adapun subyek/sampel diambil dari populasi yang ada dilapangan, yaitu seluruh warga MA Bustanul ‘Ulum, lalu dipilih beberapa orang yang dapat mewakili populasi untuk memberikan data susuai kebutuhan penulis. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan terperinci. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi manajemen kesiswaan berbasis sekolah di MA Bustanul ‘Ulum meliputi; penerimaan siswa baru, proses pembelajaran, Bimbingan dan Konseling, pengaturan terhadap siswa yang mutasi dan DO, serta kegiatan ekstrakurikuler. (2) Dukungan manajemen kesiswaan berbasis sekolah dalam mewujudkan tujuan pendidikan di MA Bustanul ‘Ulum diantaranya sebagai berikut: (a) Penerimaan siswa baru yang terlaksana dapat mendukung tujuan pendidikan poin pertama yaitu; terciptanya proses belajar mengajar yang berkualitas, tertib dan aman. (b) Proses pembelajaran sangat mendukung terhadap keterwujudan tujuan pendidikan yaitu: terciptanya proses belajar mengajar yang berkualitas tertib dan aman, dan tercapainya lulusan yang bermutu dan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi. (c) Bimbingan dan Konseling juga turut andil dalam keterwujudan tujuan pendidikan. (d) Diantara bentuk dukungan kegiatan ekstrakurikuler adalah dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan kesiswaan, sehingga hubungan madrasah dengan masyarakat dapat berjalan harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 17:41
Last Modified: 24 Aug 2018 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum