PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP IBNU HAJAR MAGELANG JAWA TENGAH

SRI HARTATI, NIM. 09470114 (2013) PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP IBNU HAJAR MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP IBNU HAJAR MAGELANG JAWA TENGAH )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP IBNU HAJAR MAGELANG JAWA TENGAH )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB)

Abstract

Sri Hartati. Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di Play Group Ibnu Hajar Magelang Jawa Tengah. Skrpisi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah lingkungan dan sarana parasarana pembelajaran diharapkan dapat membantu dalam penentu keberhasilan dalam membangun kemampuan dan keberhasilan anak pada usia dini. Namun pada relitanya lingkungan dan sarana prasarana di Play Group Ibnu Hajar Magelang masih sangat kurang mendukung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran anak usia dini di Play Group Ibnu Hajar dengan melihat faktor pendukung dan penghambat serta hasil yang di peroleh dalam proses pembelajaran anak usia dini di Play Group Ibnu Hajar Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan menggunakan pendekatan paedagogie psikologi yang mengambil latar Play Group Ibnu Hajar Magelang Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran yang dilaksanakan di Play Group Ibnu Hajar dimulai pada pukul 07.30-10.30 WIB dengan menggunakan model pembelajaran sentra yang didalamnya terdapat kegiatan rutin, kegiatan terintegrasi, dan kegiatan khusus. Program kegaiatan, Play Group Ibnu Hajar merangkum dalam sebuah program tahunan dan dikembangkan melalui satuan kegiatan harian. Materi yang disampaikan secara umum mencakup dalam enam aspek perkembangan yaitu moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisik motorik serta seni. Sedangkan evaluasi dilaksanakan dengan pengamatan melihat kegiatan sehari-hari siswa dan pencatatan anekdot. 2) Faktor pendukung meliputi kepala sekolah yang sangat konsen dengan pendidikan, kreativitas guru yang tinggi, adanya kerja sama antar guru, penugasan materi yang memberikan konstribusi yang sangat signifikan pada siswa, adanya pertemuan KKG, adanya kerja sama dengan wali murid, serta program pendidikan yang inovatif. Sedangkan faktor penghambat meliputi: faktor sarana dan prasarana berupa gedung, lingkungan yang kurang kondusif, kurangnya guru pendamping dalam kelas, serta kondisi anak yang tidak prima (menangis, jenuh, marah, suka mengikuti kemamuan sendiri). 3) Hasil pembelajaran yang di dapat dari Play Group Ibnu Hajar sangat baik, hal ini dapat dilihat dari: siswa yang sudah pandai mengenal huruf dan angka-angka, mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan, mengenal waktu shalat, pandai dalam mengaji iqra, dapat bersosialisasi dengan temannya, mengucapkan terima kasih terhadap orang yang menolongnya, membuang sampah pada tempatnya, dan mencuci tangan sebelum makan. Selain itu, dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa sebanyak 50% siswa memperoleh hasil yang memuaskan dalam setiap pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 31 May 2013 17:57
Last Modified: 16 Sep 2020 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7982

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum