PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS

TUGIMAN, NIM. 08600040 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA SMP/MTs KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash CS3 Professional dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) siswa SMP/MTs kelas VIII Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras yang layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model prosedural ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subyek penelitian adalah dosen, guru, dan siswa kelas VIII MTs PPIQP Piyungan Bantul tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara dan lembar observasi. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan telah dinilai dan divalidasi oleh ahli meliputi 2 orang ahli materi pembelajaran matematika dan 2 orang ahli media pembelajaran. Adapun hasilnya didapat pada aspek pendidikan dengan validator ahli materi pembelajaran matematika diperoleh persentase keidealannya 86,25% yang menunjukkan kategori sangat baik, pada aspek tampilan dengan validator ahli media pembelajaran diperoleh persentase kelidealan 75% yang menunjukkan kategori baik. Adapun kualitas teknis yang dinilai oleh siswa pada kelompok kecil diperoleh persentase keidealan 75,13% menunjukkan kategori baik dan kualitas teknis yang dinilai oleh siswa pada kelompok besar diperoleh persentase keidealan 83, 62%. Kualitas pada aspek matematika relistik berdasarkan perhitungan adalah memperoleh skor 34,5 dengan persentase rata-rata 86,25%, sehingga kualitas matematika realistik dikategorikan sangat baik, pada aspek pemahaman siswa menunjukkan kategori baik. Kualitas media pembelajaran keseluruhan diperoleh presentase keidealan 80,94 % yang menunjukkan kategori baik. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Media Pembelajaran matematika, Adobe Flash CS3 Professional, ADDIE, Pendekatan PMR, Teorema Pythagpras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Jun 2013 16:29
Last Modified: 26 Jan 2016 16:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item