PENINGKATAN HAFALAN SURAT AL-KAFIRUN DAN AL-MA’UN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MELALUI STRATEGI RUMAH QUR’ANI PADA SISWA KELAS II A MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

BURHAN NUDIN, NIM. 09480096 (2013) PENINGKATAN HAFALAN SURAT AL-KAFIRUN DAN AL-MA’UN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MELALUI STRATEGI RUMAH QUR’ANI PADA SISWA KELAS II A MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN HAFALAN SURAT AL-KAFIRUN DAN AL-MA’UN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MELALUI STRATEGI RUMAH QUR’ANI PADA SISWA KELAS II A MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN HAFALAN SURAT AL-KAFIRUN DAN AL-MA’UN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MELALUI STRATEGI RUMAH QUR’ANI PADA SISWA KELAS II A MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Burhan Nudin, ”Peningkatan Hafalan Surat Al-Kafirun dan Al-Ma’un dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Melalui Strategi Rumah Qur’ani pada Siswa Kelas II A MI Sultan Agung Babadan Baru Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Salah satu tujuan dari pembelajaran Al-Qur’an Hadis adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menghafal dan memahami makna ayat AlQur`an dengan benar. Sebagai genarasi muslim, sudah selayaknya para siswa dapat menghafalkan bacaan dan memahami makna ayat Al-Qur`an atau bacaan hadis yang diajarkan di dalam kelas. Namun demikian, kondisi yang terjadi pada siswa kelas II A MI Sultan Agung dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis terutama dalam hafalan ayat dan hadis tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Siswa sukar menghafal surat Al-Qur’an. Apabila sudah hafal, siswa ternyata juga mudah lupa terhadap materi hafalan Al-Qur`an Hadis tersebut. Dengan demikian, perlu adanya terobosan baru dalam pembelajaran Al-Qur`an Hadis terutama peningkatan kemampuan hafalan sebuah ayat Al-Qur’an. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa adalah metode rumah qur`ani. Dalam penerapannya, metode ini menggunakan empat langkah yaitu permainan, cerita, isyarat tangan, dan pendinginan. Melalui langkah-langkah tersebut, siswa tidak hanya terkesan menghafal dan memahami saja. Namun, terdapat makna yang dapat diperoleh anak dalam proses pembelajarannya di dalam kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: kemampuan hafalan surat Al-Kafirun dan Al-Ma’un oleh siswa yang diambil dari hasil pretes hafalan pra tindakan dan setelah tindakan, prestasi belajar terkait dengan penguasaan materi hafalan dan pemahaman makna surat yang diambil dari pemberian soal postest di akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa, catatan lapangan, serta dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan hafalan ayat-ayat AlQur’an, yaitu pada surat Al-Kafirun dan Al-Ma’un dengan benar dan fasih. Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian nilai hafalan serta pemahaan siswa terhadap surat Al-Kafirun dan Al-Ma’un yang sudah memenuhi nilai KKM 70. Hasil pengamatan pembelajaran dengan metode rumah qur’ani dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu permainan, cerita, penggunaan isyarat tangan, dan pendinginan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata hafalan siswa sebesar 76,72 dengan persentase ketuntasan 90% dan pada siklus II sebesar 78,08 dengan persentase ketuntasan 93,10%. Sedangkan nilai rata-rata postest atau prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 88,67 dengan persentase ketuntasan 96,77% dan siklus II nilai rata-rata postest siswa sebesar 91,77 dengan persentase ketuntasan 100%. Kata Kunci: Hafalan, rumah Qur’ani, Al-Qur’an Hadis MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 18:02
Last Modified: 24 Jan 2017 16:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum