ANALISIS PENGGUNAAN LKS PADA BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA

DEWI SUSILO RENI, NIM. 09470069 (2013) ANALISIS PENGGUNAAN LKS PADA BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGGUNAAN LKS PADA BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGGUNAAN LKS PADA BIDANG STUDI PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJARN SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTs NEGERI SLEMAN KOTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Dewi Susilo Reni, Analisis Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Bidang Studi PAI dalam Meningkatkan Belajar Siswa dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar di MTs Negeri Sleman Kota, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini dilaksanakan pertama kali untuk menganalisa minat belajar siswa dengan mengunakan mendia belajar LKS (Lembar Kerja Siswa) pada bidang mata pelajaran PAI. Selanjutnya, untuk menganalisa dampak penggunaan LKS terhadap hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs NegeriSleman Kota, dengan sampel sebanyak 124 orang yang diambil dari siswa kelas VII dan VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara tehnik random sampling dengan mengacu pada random table. Variabel independen yang ada dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (x1) bidang mata pelajran PAI (Akidah Akhlak, Quran Hadits, Fiqh dan Sejarah Kebudayaan Islam). Minat (x2). Sedangkan untuk variable dependen adalah Hasil Belajar (Y). Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama menggunakan teknik statistic deskriptif untuk mengetahui karakteristik data berdasarkan nilai mean, standar deviasi dan frekuensi. Kedua menggunakan teknik inferensial yang digunakan untuk menguji hipotesa yang telah dirumuskan dengan menggunakan Anova dan Ancova. Tenik anova digunakan untuk melihat besarnya minat belajar siswa dengan menggunakan LKS pada masing-masing mata pelajaran PAI. Sedangkan teknik ancova digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruhi minat belajar siswa dengan menggunakan LKS pada setiap mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan SPSS (Statistical PackgeFor Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil uji Anova menunjukan bahwa minat belajar siswa dengan menggunakan LKS pada mata pelajaran Akidah Akhlak sebesar 80%, Fikih 78%, Quran hadist 76% dan SKI 75% berdasarkan uji F ternyata tidak terdapat perbedaan belajar yang signifikan pada masing-masing mata pelajaran PAI. Di sisi lain hasil uji Ancova menunjukan bahwa penggunaan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar belajar siswa. Dikarenakan besarnya F sebesar 11.009 sedang F table 2.680 (F hitung> F tabel hitung ) dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dikarenakan F hitung sebesar 3.681 yang lebih besar dari F 2.680. Kata Kunci : LKS, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 18:05
Last Modified: 04 Apr 2017 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum