SAEFUDIN MENANAMKAN AKHLAQ MAHMUDAH KEPADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Aziz, ABDUL (2009) SAEFUDIN MENANAMKAN AKHLAQ MAHMUDAH KEPADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1 (2). pp. 1-55.

[img]
Preview
Text
ABDUL AZIZ SAEFUDIN MENANAMKAN AKHLAQ MAHMUDAH KEPADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview

Abstract

Artikeiini bertujuan untuk memaparkan langkah-langkahyangdapatditempuh untuk menanamkan akhlaq mahmudah kepada siswa dalam pembeiajaran matematika. Matematika yang memiliki obyek kajian yang abstrak seringkali menjadi kendala tersendiri bagiguru untuk mengembangkan kemampuan afektif siswa. Padahal sebenarnya dalam pembeiajaran matematika, guru dapat mengembangkan dan menanamkan berbagai bentuk sikap positifseperti kejujuran, ketelitian, hemat, percaya dirit bertanggungjawab, kerjasamadangotongroyong. Proses penanaman berbagai bentuk akhlaq tersebutjuga dapat melalui berbagai cara, antara lain melalui bahan materi matematika yang sedang disampaikan guru atau pemberian makna (sikap terpuji) dalam obyek kajian matematika, kemudian guru menyampaikan bentuk akhlak mahmudah secara langsung kepada siswa, danjuga dapat melalui penggunaan metode pembeiajaran matematika di dalam kelas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: akhlaq mabmudah, matematika, pembeiajaran matematika
Subjects: Al Bidayah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jun 2013 11:15
Last Modified: 24 Nov 2015 07:15
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/8019

Actions (login required)

View Item View Item