NILAI NILAI AKHLAK DALAM CERPEN ANAK HARIAN KOMPAS

A. NURYADIN, NIM.03410044 (2008) NILAI NILAI AKHLAK DALAM CERPEN ANAK HARIAN KOMPAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI NILAI AKHLAK DALAM CERPEN ANAK HARIAN KOMPAS)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI NILAI AKHLAK DALAM CERPEN ANAK HARIAN KOMPAS)
BAB II, IIII.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang nilai-nilai akhlak dalam cerpen anak Harian Kompas dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam khususnya bidang akhlak dalam bentuk sastra cerpen dan dapat dijadikan sebagai sumber alternatif bagi pendidik untuk menanamkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dengan menggunakan data primer berupa teks cerpen anak harian kompas. Analisis data dilakukan dengan memberikan perhatian pada isi pesan (analysis content) yang terdapat dalam cerpen anak harian kompas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam cerpen anak Harian Kompas, meliputi pertama, akhlak terhadap diri sendiri yaitu bersikap tawadhu dan tidak sombong, amanah, penerimaan diri terhadap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki serta keyakinan diri akan akan potensi yang dimiliki untuk berbuat lebih baik, menjaga kebersihan, makan makanan yang halal lagi baik dan tidak berlebihan dalam makan, hemat dan mandiri. Kedua adalah akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi hormat dan senantiasa berbuat baik terhadap kedua orang tua, menghormati sesam teman dan tidak merendahkannya, membantu orang yang kekurangan dan saling menghargai. (2) Adapun mengenai relevansi nilai-nilai akhlak dalam cerpen anak Harian Kompas terhadap pendidikan agama Islam adalah bahwa nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam cerpen anak Harian Kompas cukup relevan dengan tujuan pendidikan agama Islam yaitu terbentuknya manusia yang berakhlak mulia. Materi yang terdapat dalam cerpen anak Harian Kompas juga sesuai dengan materi pendidikan agama Islam yaitu memuat bagaimana berakhlak yang baik terhadap diri sendiri dan orang lain. Konsep pendidik yang dicitrakan dalam cerpen-cerpen anak Harian Kompas juga sesuai dengan konsep pendidik dalam pendidikan agama Islam yaitu pendidik yang senantiasa memotivasi peserta didik untuk senantiasa belajar, memiliki positif thinking terhadap kondisi peserta didik dan tidak membeda-bedakan peserta didik satu dan yang lainnya. Cerita dan bercerita juga dapat dijadikan metode yang menarik dalam pembelajaran akhlak yang tidak bertentangan dengan metode-metode dalam pendidikan agama Islam. Penyampaian materi akhlak dengan menggunakan metode bercerita kepada anakanak tentu akan lebih mengena dan mudah difahami. Maka berdasar pada penelitian sastra berupa cerpen ini, cerpen-cerpen anak Harian Kompas dapat dijadikan materi alternatif pembelajaran akhlak yang ringan dan mencerdaskan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Karwadi M.Ag
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Cerpen Anak, Harian Kompas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 16:50
Last Modified: 01 Aug 2017 02:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item