IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADÂT SISWA KELAS VIII MTs AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

KHOLISUL HADI, NIM. 09420170 (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADÂT SISWA KELAS VIII MTs AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADÂT SISWA KELAS VIII MTs AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADÂT SISWA KELAS VIII MTs AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Kholisul Hadi. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) sebagai upaya peningkatan penguasaan mufradât siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Sambeng Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperarif tipe Student Teams Achivement Division (STAD)dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Sambeng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 25 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperarif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan penguasaan mufradât kelas VIII MTs AlHikmah Sambeng yang terjadi dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam lima tahapan, yaitu presentasi kelas, tim, kuis, rekognisi tim, dan penghargaan. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus 1 untuk pre test yaitu 40,0 dan post test 52,8. Selanjutnya siklus II rata-rata pre test adalah 76,6 dan post test 82,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Sambeng Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2013 20:28
Last Modified: 26 Apr 2017 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum