PENDEKATAN LEARNING BYPLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS DIMFSD

FATONAH, Siti (2009) PENDEKATAN LEARNING BYPLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS DIMFSD. AL BIDAYAH, Vol. 2 (No. 1). pp. 47-58. ISSN 2085-0034

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN LEARNING BYPLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS DIMFSD)
SITI FATONAH PENDEKATAN LEARNING BYPLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS DIMFSD.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Usia anak Sekolab Dasar/Madrasab lbtidaiyah di lndonesia pada umumnya berkisar antara 6-12 tabun. Pada usia tersebut berdasarkan teori kognitifyang dikemukakan olei> Piaget termasuk daiamfase operasional konkrit, dimana aspek berfikir sisma cenderung pada hal-halyang konkrit. <Anakjuga masih senang bermain, karena bermain adalah suatu kebutuhan bagi anak. Sesuai dengan kondisipsikologs anak dan kondisifisik anak yang masih dalam pertumbuhan, maka rancangan pembelajaran yang disusun dengan bermain, membuat anak belajar sesuai dsngan tuntutan tarafperkembangannya. Oleh karena itu pendekatan leaming by playing sangat cocok diterapkan pada pelajaran sains tingkat SD/M1, karena didasari aspek psikologi sisma yang masih senang bergerak dan aspek berfikimyayang cenderungpada hal-halyang konkrit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: leaming byplaying, anak, belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Jurnal > 3. Al Bidayah
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Jun 2013 14:26
Last Modified: 05 May 2017 02:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8034

Actions (login required)

View Item View Item