KAJIAN PSIKOLOGIS TERHADAP STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR/MI

NUR SAIDAH , - (2009) KAJIAN PSIKOLOGIS TERHADAP STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR/MI. AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahI vol 1 no 1 Juni 2009.

[img]
Preview
Text
NUR SAIDAH KAJIAN PSIKOLOGIS TERHADAP STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASARMI.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Menurut psikologi perkembangan anak-anak di sekolah dasar, setidaknya ada dua alasan utama pemanfaatan rangsang visual dalam proses belajar-mengajar. Pertama, stimulasi visual yang lebih menarik untuk memperkaya motivasi anak dalam belajar, karena siswa akan menikmati proses ini, bahan-bahan yang dapat dijelaskan dengan mudah, metode akan bervariasi dan siswa selves akan melibatkan mereka dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya mendengar pelajaran dari guru, tetapi juga mengamati, mencari atau mendemonstrasikan pesan dari ilustrasi. Kedua, stimulasi visual yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak di sekolah dasar karena media ini menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit dan menyederhanakan kerumitan pelajaran. Hal ini sangat penting untuk proses belajar PAI yang kebanyakan terdiri dari bahanbahan dengan konsep abstrak. Selain itu penggunaan stimulasi visual akan memungkinkan guru membuat Joyful Learning sehingga belajar siswa tidak di bawah tekanan dan proses pembelajaran PAI akan produktif, penuh kreativitas, aktivitas, efektivitas dan kegembiraan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stimulasi Visual, Perkembangan Psikologis, Anak Usia Sekolah Dasar/MI, Pembelajaran PAI
Subjects: Al Bidayah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Jun 2013 15:00
Last Modified: 03 Jun 2013 15:00
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/8039

Actions (login required)

View Item View Item