PERAN BADAN USAHA KREDIT PEDESAAN DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

ADE ZULKHAN SUPARMAN - 00230248 - NIM 03240046, (2008) PERAN BADAN USAHA KREDIT PEDESAAN DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERAN BADAN USAHA KREDIT PEDESAAN DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN BADAN USAHA KREDIT PEDESAAN DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI DESA MAGUWOHARJO KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan zaman menyebabkan perubahan disegala bidang, salah satunya adalah berkembangnya kebutuhan masyarakat, disisi lain perkembangan zaman memberikan dampak positif bagi perkembangan kreatifitas antar individu untuk bersaing dalam memenuhi kebutuhan hidup. Namun dampak tersebut menyisakan problem sosial, yaitu terbentuknya stratifikasi sosial dalam masyarakat. Diantaranya muncul kelompok marginal, yang secara sosial melahirkan kemiskinan. Kemiskinan secara sosial dipahami sebagai kondisi serba kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan pokok; sandang, papan, pangan, dan kebutuhan pendidikan, kesehatan dan keinginan berinteraksi dengan sesame anggota masyarakat tanpa dibatasi dengan kelas-kelas sosial. Kemiskinan merupakan persoalan yang dihadapi manusia, yang sama tuanya dengan usia manusia itu sendiri dan implikasinya dapat melibatkan keseluruhan aspek kehidupan manusia, tetapi sering tidak disadari kehadirannya sebagai masalah. Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, kemiskinan adalah suatu hal yang nyata adanya bagi mereka yang tergolong miskin. Mereka itu sendiri yang merasakan dan menjalani kehidupan dalam kemiskinan tersebut. Kemiskinan itu akan lebih terasa lagi apabila mereka membandingkannya dengan kehidupan orang yang lebih tinggi tingkat kehidupannya. Dalam penelitian ini membahas sebuah lembaga keuangan mikro yang bernama BUKP (Badan Usaha Kredit Pedesaan). BUKP adalah sebuah lembaga keuangan mikro milik pemerintah yang berupaya mengembangkan perekonomian dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat golongan ekonomi lemah dalam mengembangkan usahanya melalui pemberian kredit untuk permodalan usaha. BUKP dalam usahanya mengentaskan kemiskinan di Desa Maguwoharjo difokuskan pada beberapa aspek yaitu pemberian kredit, penghimpunan dana berupa tabungan dan pendampingan yang berupa konsultasi kewiarusahaan. Dalam penelitian ini diketahui perubahan yang dialami masyarakat miskin di desa Maguwoharjo yaitu peningkatan pengelolaan usaha dan peningkatan pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Pajar Hatma Indra Jaya. M.Si,
Uncontrolled Keywords: Kredit Pedesaan, Pengentasan Kemiskinan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 May 2012 11:14
Last Modified: 18 Nov 2015 01:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item