APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK

RIA ANDRIAN DEWANTI, NIM. 08610001 (2013) APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)

Abstract

Congklak merupakan suatu permainan tradisional di Indonesia. Permainan congklak diadaptasi dari permainan tradisional Afrika yang disebut dengan Mancala.Permainan ini dimainkan dengan menggunakan sebuah papan yang disebut papan congkak dan 98 (14 x 7) buah biji yang dinamakan biji congkak. Permainan congklak merupakan permainan yang melatih otak untuk berfikir secara sistematis dan menggunakan strategi untuk memperoleh kemenangan. Di dalam permainan ini, tidak ada suatu jaminan untuk memenangkan permainan, karena ada banyak kemungkinanyang terjadi. Skripsi ini mengkaji tentang aplikasi Algoritma Backtracking pada permainan congklak. Algoritma backtracking mempunyai prinsip mencoba segala kemungkinan solusi, semua solusi dibuat dalam bentuk pohon solusi dan algoritma akan menelusuri pohon tersebut secara DFS (Depth First Search) yaitu dengan mencari solusi dari akar ke daun (dalam pohon ruang solusi) dengan pencarian mendalam. Dalam hal ini, algoritma Backtracking digunakan untuk mencari simulasi urutan langkah-langkah yang mengakibatkan kondisi akhir yaitu pemain meraih predikat menang, kalah, dan seri. Di penulisan ini aplikasi Algoritma Backtracking dapat digunakan oleh satu orang pemain dan kedua pemain secara bersamaan. Selanjutnya dengan Algoritma Backtracking diperoleh langkah – langkah untuk memperoleh predikat menang dan kalah yaitu : alur permainan A : pertama ambil lubang A1, kedua ambil A5, ketiga ambil A4, keempat ambil A2, kelima ambil A1, keenam ambil A1, ketujuh ambil A2 dan terakhir ambil A1 dan alur permainan B : pertama ambi lubang B6, langkah kedua ambil B2, ketiga ambil B7, keempat ambil B2, kelima ambil B2, keenam ambil B5, ketujuh ambil B4 dan yang terakhir ambil lubang B1. Sedangkan langkah – langkah untuk memperoleh predikat seri yaitu : alur permainan A : pertama ambil lubang A2, kedua ambil A4, ketiga ambil A2, keempat ambil A7, kelima ambil A7, keenam ambil A4, ketujuh ambil A3 dan terakhir ambil A5 dan alur permainan B : pertama ambil lubang B5, kedua ambil B7, ketiga ambil B3, keempat ambil B1, kelima ambil B2, keenam ambil B7, ketujuh ambil B1 dan terakhir ambil lubang B4. Kata kunci : Congklak, Algoritma Backtracking, Depth First Search.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jun 2013 16:32
Last Modified: 14 Jan 2016 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum