INTEGRASI NILAI KARAKATER YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV

EMI SUNDARI, NIM. 09480016 (2013) INTEGRASI NILAI KARAKATER YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI KARAKATER YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI KARAKATER YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah : kegelisahan penelit i terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral khususnya terhadap lingkungan alam. Terjadinya kerusakan lingkungan karena sikap manusia yang akhir-akhir ini ingin menguasai alam dan lidak peduli dengan lingkungan. Dalam hal ini madrasah khususnya pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam sebagai rahmatanlil’alamin. Dengan integrasi nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup diharapkan menambah rasa peduli dengan lingkungan dan mengurangi kerusakan lingkungan. Dalam hal ini MIN Jejeran telah berusaha mengintegrasikan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup dalam pembelajaran, walaupun dalam realisasinya belum sepenuhnya nilai peduli lingkungan dapat diwujudkan dalam perilaku siswa-siswi MIN Jejera n Wonokromo Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis t entang integrasi nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas IV di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan melalui pola pikir induktif. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi melalui membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang serta membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan Integrasi Nilai Karakter Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Hidup Di MIN Jejera n dilakukan dengan cara pengintegrasian dalam kebijakan, kurikulum, kegiatan partisipatif dan sarana prasarana. (2) Proses Integrasi Nilai Karakter Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Hidup Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dapat dilihat baik dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan integrasi nilai karakter dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak meliputi dalam tujuan, materi, pendekatan, metode dan evaluasi. (3) Faktor pendukung Integrasi Nilai Karakter Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Hidup Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak adalah sumber daya manusia MIN Jejeran, lingkungan MIN Jejeran, dukungan orang tua dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesadaran siswa, metode pembelajaran yang monoton, dan faktor keluarga. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Lingkungan Hidup, Nilai Karakter, Integrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jun 2013 16:50
Last Modified: 26 Jan 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum