PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWA KELAS II MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA (Studi Analisis Kesalahan Linguistik)

SYUKUR PRIHANTORO, NIM. 09420097 (2013) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWA KELAS II MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA (Studi Analisis Kesalahan Linguistik). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWA KELAS II MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA (Studi Analisis Kesalahan Linguistik) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN INSYA’ PADA SISWA KELAS II MTs IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA (Studi Analisis Kesalahan Linguistik))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami oleh guru dan siswa dalam pembelajaran Insya’ di kelas II MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta, serta upaya solutif yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut dan mengetahui bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada lembar Insya’ siswa dalam kategori linguistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan penelitian di MTs Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika dalm pembelajaran Insya’ terbagi menjadi dua yaitu problem linguistik dan problem metodologis. Problem linguistik meliputi 1) minimnya penguasaan kosa kata siswa dalam bahasa Arab 2) lemahnya pemahaman siswa tentang grammatikal bahasa Arab 3) karakter tulisan bahasa Arab. Selain faktor kebahasaan problem yang dihadapi dalam pembelajaran Insya’ juga terdapat problem metodologis yang meliputi 1) siswa 2) guru (yang berhubungan dengan peran keduanya) 3) tidak tersediannya buku paket untuk materi 4) alokasi waktu 5) penerapan metode yang monoton 6) keterbatasan media pembelajaran dan 8) pemilihan teknik evaluasi yang kurang tepat. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bentuk-bentuk kesalahan linguistik pada lembar Insya’ siswa meliputi 1) kesalahan fonologi sebanyak 44,36 % 2) kesalahan morfologi sebanyak 11,00 % 3) kesalahan sintaksis sebanyak 26,60 % dan 4) kesalahan semantik sebanyak 22,01 %. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Insya’, Kesalahan Linguistik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jun 2013 17:17
Last Modified: 03 May 2017 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum