EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN (TDIP) TAMANSISWA

ERIKA RISDIANAWATI, NIM. 08600060 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN (TDIP) TAMANSISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN (TDIP) TAMANSISWA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN (TDIP) TAMANSISWA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) menggunakan mind map terhadap kreativitas berpikir siswa dan efektivitas model pembelajarn kooperatif tipe TTW menggunakan mind map terhadap kemampuan komunikasi siswa yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (ekspositori). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain kelompok nonrandomized control group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan (TDIP) tahun ajaran 2011/2012. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t gain pretest-postest kreativitas berpikir menghasilkan nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,01 0,05. Artinya pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional (ekspositori) ditinjau dari kreativitas berpikir siswa. Uji t gain pretest-postest kemampuan komunikasi siswa menghasilkan nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,006 0,05. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan mind map lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional (eskpositori) ditinjau dari kemampuan komunikasi siswa. Keyword : Pembelajaran Kooperatif, Think-Talk-Write (TTW), Mind Map, Kreativitas Berpikir, Kemampuan Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jun 2013 22:09
Last Modified: 22 Jan 2016 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum