PENDAMPINGAN KORBAN KEKERASAN RUMAH TANGGA OLEH RPK POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Kekerasan Suami terhadap Istri di dalam Rumah Tangga)

YUSI DARMA SUSANTI - NIM. 04230057, (2008) PENDAMPINGAN KORBAN KEKERASAN RUMAH TANGGA OLEH RPK POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Kekerasan Suami terhadap Istri di dalam Rumah Tangga). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pendampingan korban kekerasan rumah tangga oleh RPK Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (studi kasus kekerasan suami terhadap istri di dalam rumah tangga). Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk bahan informasi yang dapat dijadikan sebagai perumusan model pendampingan terhadap korban kekerasan di dalam rumah tangga (istri). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di RPK Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggambarkan serta memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan tiga responden: pengurus ruang pelayanan khusus, korban kekerasan terhadap istri, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Pelaksanaan pendampingan yang dilakukan oleh RPK Polda tidak jauh berbeda dengan instansi atau LSM lainnya, yang membedakannya hanya pada model pendampingan yang digunakan yaitu: (a) Pendampingan bersifat layanan RPK, (b) Pendampingan bersifat layanan kerjasama dengan Rifka Annisa, (c) Pendampingan bersifat layanan dengan Rumah sakit (UPP). 2). Bentuk-bentuk kekerasan terhadap istri adalah: kekerasan fisik, psikologis/ emosional, seksual dan ekonomi. 3) pendampingan yang dilakukan terhadap korban kekerasan terhadap istri diharapkan seorang istri mendapat perlindungan dan kasusnya diproses secara hukum, sehingga masalah kekerasan terhadap istri mendapatkan solusinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendampingan, Korban Kekerasan Rumah Tangga, Istri
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 28 Dec 2016 03:23
Last Modified: 28 Dec 2016 03:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item