EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) DENGAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP

KHOIRIYAH SHODIQ ISTANTI, NIM.08600002 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) DENGAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) DENGAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) DENGAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Index Card Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Ali Maksum Sewon Bantultahun ajaran 2011/2012 pada materi pokok segiempat sub bahasan keliling serta luas daerah persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain non-equivalent posttest only design. Variabel penelitian terdiri dari 2 (dua) variabel,yaitu variabel bebas berupa strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Index Card Match dan variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ali Maksum Sewon Bantultahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 42 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh karena keterbatasan jumlah kelas dalam sekolah tersebut. Jadi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan posttest dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah deskriptif statistik menggunakan rumus rata-rata(mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor angket motivasi belajar kelas ekperimen (83,14) lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor angket motivasi belajar kelas kontrol (78,24), artinya pembelajaran matematika menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Index Card Match lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori terhadap motivasi belajar siswa. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (69,60) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol (54,71), artinya pembelajaran matematika menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dengan metode Index Card Match lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Strategi Think-Talk-Write (TTW), Metode Index Card Match, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jun 2013 16:32
Last Modified: 25 Jan 2016 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8083

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum