PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK SMA/MA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA DAN KOLOID

LAELA CHOIRUNNISA OCTAVIANI, NIM. 08670036 (2012) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK SMA/MA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA DAN KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK SMA/MA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA DAN KOLOID )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK SMA/MA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK ASAM BASA DAN KOLOID )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap pada pembelajaran kimia materi pokok asam basa dan koloid yang dapat digunakan sebagai alternatif instrumen untuk menilai sikap pada pembelajaran kimia materi pokok asam basa dan koloid. Karakteristik produk instrumen penilaian sikap ini ditinjau dari aspek validitas, daya diskriminasi item/butir, reliabilitas, konstruksi, keterbacaan, kebahasaan, praktikabilitas, dan ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural melalui empat langkah utama, yakni analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba dan revisi produk. Tahap analisis produk yang akan dikembangkan meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap mengembangkan produk awal berdasarkan studi literatur dan analisis kebutuhan. Tahap uji coba dilakukan pada peserta didik dengan jumlah 79 orang. Kualitas instrumen penilaian ini dilakukan melalui validasi ahli, analisis daya diskriminasi item/butir, analisis reliabilitas dan penilaian oleh lima orang guru kimia SMA/MA di Yogyakarta dan Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap valid secara isi dan konstruk, mempunyai daya beda diatas kriteria dan mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,958 untuk instrumen penilaian sikap dengan materi pokok asam basa dan sebesar 0,966 untuk instrumen penilaian sikap dengan materi pokok koloid. Penilaian oleh lima guru kimia menyatakan relevan dengan persentase 80%. Sehingga produk instrumen penilaian sikap ini dapat digunakan sebagai alternatif instrumen untuk menilai sikap peserta didik pada pembelajaran kimia materi pokok asam basa dan koloid. Kata kunci: penelitian pengembangan, instrumen penilaian, sikap, asam basa, koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jun 2013 16:47
Last Modified: 19 Feb 2016 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum