PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII

LATIFAH PUJI ASTUTI, NIM. 07600071 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran matematika pada materi pokok Teorema Pythagoras untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Kelas VIII menggunakan Adobe Flash CS3 yang dikemas dalam Compact Disc (CD). Penelitian ini juga bertujuan mengetahui kualitas media pembelajaran Matematika yang memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik berdasarkan tiga aspek, yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analysis adalah analisis sebelum melakukan pengembangan, yaitu analisis awal, analisis kurikulum, karakteristik siswa, aspek pengembangan media dan analisis situasi. Selanjutnya design, menyusun materi dan alur media pembelajaran matematika, membuat desain tampilan, dan merencanakan alat evaluasi kemudian development, melakukan pengembangan produk dengan pembuatan komponenkomponen media dengan menggunakan Adobe Flash CS3, pada proses pengembangan ini dilakukan validasi dan penilaian produk oleh ahli. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli dengan menggunakan instrumen penelitian. Setelah divalidasi ahli dilanjutkan dengan pengemasan, selanjutnya dilakukan (implementation), yaitu mengujicobakan media pembelajaran matematika yang telah dikembangkan kepada siswa dan diberikan pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah serta angket kepraktisan. Tahap terakhir adalah evaluasi, mengevaluasi media untuk mengetahui nilai akhir dan mendapatkan produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran materi pokok Teorema Pythagoras untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika SMP kelas VIII memenuhi kriteria kualitas media yang baik. Pada aspek kevalidan kualitas media pembelajaran matematika yang telah disusun memperoleh penilaian dengan kategori Baik (B), pada aspek kepraktisan kualitas media pembelajaran memperoleh penilaian dengan kategori Sangat Baik (SB) serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran Baik (B). Dan pada aspek keefektifan, media pembelajaran matematika efektif memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah, berdasarkan peningkatan hasil tes pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Pemecahan Masalah, ADDIE, Adobe Flash CS3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 07 Jun 2013 09:55
Last Modified: 25 Jan 2016 02:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item View Item