EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

MUSLIHAH, NIM. 07600023 (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan metode practice-rehearsal pairs terhadap motivasi dan belajar matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Variabel yang diukur dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan metode pembelajaran yang terdiri dari metode practice-rehearsal pairs dan metode ekspositori, serta variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 137 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket motivasi, tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai sig .(1-tailed) = 0,171 > 0,05 maka H diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran practice-rehearsal pairs tidak lebih efektif daripada motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori. (2) nilai t hitung 0 = 7,307 > - t tabel(a:n-1) = -1,692 maka H diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran 0 practice-rehearsal pairs Pairs efektif ditinjau dari hasil belajar. Pada kelas kontrol, nilai t hitung = -3,151 < - t tabel(a:n-1) = - 1,691 maka H ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori tidak efektif ditinjau dari hasil belajar. (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang kedua, dapat disimpulkan bahwa metode practice-rehearsal pairs lebih efektif daripada metode pembelajaran ekspositori ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Keyword: Practice-rehearsal Pairs, motivasi belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jun 2013 17:37
Last Modified: 25 Jan 2016 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum