PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MISKONSEPSI FISIKA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) BERBASIS CAA (COMPUTER AIDED ASSESSMENT)

PRASOJO SANDI WIDODO, NIM. 05460018 (2012) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MISKONSEPSI FISIKA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) BERBASIS CAA (COMPUTER AIDED ASSESSMENT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MISKONSEPSI FISIKA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) BERBASIS CAA (COMPUTER AIDED ASSESSMENT) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MISKONSEPSI FISIKA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) BERBASIS CAA (COMPUTER AIDED ASSESSMENT) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) mengembangkan instrumen evaluasi miskonsepsi fisika mahasiswa menggunakan Certainty of Response Index (CRI) berbasis CAA (Computer Aided Assessment) mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2010 UIN Sunan Kalijaga, (2) menguji kualitas instrumen evaluasi pembelajaran Certainty of Response Index (CRI) berbasis CAA (Computer Aided Assessment) yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan reviewer. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, instrumen evaluasi yang dibuat adalah instrumen penilaian evaluasi pembelajaran Certainty of Response Index (CRI) berbasis CAA (Computer Aided Assessment) berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh dua ahli media, dua ahli materi, dan enam reviewer. Penilaian produk yang dilakukan meliputi 3 aspek penilaian, yakni aspek teknis, aspek isi, dan aspek desain. Hasil penelitian dari analisis uji publik menunjukan bahwa produk instrumen evaluasi yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik (B) berdasarkan penilaian ahli media dengan persentase 74 %, Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 86 %. Tanggapan mahasiswa mengenai instrumen evaluasi pembelajaran adalah Sangat Baik (B) dengan persentase sebesar 97,2 %. Sedangkan Produk tes memiliki nilai reliabilitas tinggi yakni 0,73. Indek kesukaran 80% cukup dan daya pembeda memiliki nilai baik. Sehingga, instrumen evaluasi pembelajaran Certainty of Response Index (CRI) berbasis CAA (Computer Aided Assessment) pada materi hukum Newton layak digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran. Kata Kunci: Media, Evaluasi, Pembelajaran, CRI(Certainly of Response Index), CAA(Computer Aided Assessment),Hukum Newton, Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jun 2013 17:07
Last Modified: 01 Feb 2016 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum