PROBLEMATIKA PENINGKATAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI GURU-GURU DI MA NEGERI 1 KEBUMEN

FITRI NUR FARIDA, NIM. 09470098 (2013) PROBLEMATIKA PENINGKATAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI GURU-GURU DI MA NEGERI 1 KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENINGKATAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI GURU-GURU DI MA NEGERI 1 KEBUMEN )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENINGKATAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI GURU-GURU DI MA NEGERI 1 KEBUMEN )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa ketika adanya peninjauan dari KANWIL JATENG tentang kinerja guru MA Negeri 1 Kebumen yang ternyata masih ditemukan sebagian guru-guru yang dalam membaca al-Qur’an masih kurang maksimal (bacaannya kurang fasih, lancar dan baik), kecuali bagi mereka yang berusaha mempelajarinya dari mereka muda untuk mengikuti bimbingan belajar. Oleh karena itu pihak madasah terus menindaklanjutinya dengan mengadakan suatu upaya untuk menanggulangi kurangnya kemampuan membaca al-Qur’an bagi guru tersebut dengan mengadakan kegiatan pembelajaran al-Qur’an. Akan tetapi, dalam kegiatan pembelajaran al-Qur’an tersebut tidak lepas dari adanya suatu problematika. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja problematika yang dihadapi guru dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an di MA Negeri 1 Kebumen dan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an untuk meningkatkan bacaan al-Qur’an bagi guru-guru di MA Negeri 1 Kebumen serta bagaimana hasil yang dicapainya dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an bagi guru-guru di MA Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan proses pembelajaran al-Qur’an bagi guru-guru dan mengungkap problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran al-Qur’an tersebut serta hasil yang dicapainya dalam meningkatkan bacaan al-Qur’an bagi guru-guru di MA Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Negeri 1 Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika peningkatan bacaan al-Qur’an bagi guru-guru di MA Negeri 1 Kebumen yaitu antara lain : a. Peserta pembelajaran AlQur’an (guru) yang meliputi : 1) kesibukan guru, 2) faktor malas, 3) latar belakang (asal) sekolah guru yang bersangkutan. b. Tenaga pendidik (mentor) yaitu kurangnya kekompakan dalam pembelajaran Al-Qur’an dan faktor status mentor. (2) Pelaksanaan proses pembelajaran al-Qur’an bagi guru-guru di MA Negeri 1 Kebumen terdiri dari komponenkomponen yang saling berkaitan. Komponen tersebut yaitu antara lain: tujuan pembelajaran al-Qur’an, materi pembelajaran al-Qur’an, peserta pembelajaran Al-Qur’an yaitu para guru yang mengikuti kegiatan pembelajaran al-Qur’an, guru (tenaga pendidik) yaitu 2 orang mentor, metode pembelajaran al-Qur’an, media pembelajaran al-Qur’an, dan evaluasi pembelajaran al-Qur’an. c. Problem materi d. Alokasi waktu yang digunakan yaitu 2 jam setiap satu minggu sekali sehingga kurang begitu efektif. (3) Hasil yang dicapai guru dalam pembelajaran al-Qur’an di MA Negeri 1 Kebumen yaitu pembelajaran al-Qur’an di MA Negeri 1 Kebumen ini rata–rata cukup meningkat dikarenakan 5 orang peserta mendapatkan hasil cukup meningkat dan 2 orang lagi memperoleh hasil meningkat. Sebagian guru yang mengikuti kegiatan pembelajaran al-Qur’an sudah dapat membaca al-Qur’an dengan fasih, lancar dan baik, meskipun masih ada guru yang masih membaca al-Qur’an dengan merabaraba hukum bacaan al-Qur’annya (tajwidnya). Setelah guru mengikuti pembelajaran alQur’an dan melaksanakan tes kemampuan membaca, hasil yang dicapainya yaitu awal sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran al-Qur’an tingkat kesulitan belajar al-Qur’an guru mencapai hingga 65 % namun sekarang telah berkurang hingga 25 % guru yang masih mengalami kesulitan belajar al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jun 2013 18:32
Last Modified: 01 Mar 2017 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum