PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN JENIS AMFIBI DI GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA

GUSNI NUGRAHA AS-SYIBA, NIM. 08680049 (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN JENIS AMFIBI DI GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN JENIS AMFIBI DI GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI BAHAN AJAR ALTERNATIF UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN JENIS AMFIBI DI GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis potensi lokal sebagai bahan ajar alternatif pada materi pokok keanekaragaman jenis amfibi dan mengetahui kualitas modul keanekaragaman jenis amfibi menurut penilaian 3 orang peer reviewer, 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli bahasa, 2 orang guru biologi SMA/MA dan 15 orang siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dilakukan sampai tahap development. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan lembar saran. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara kuantitatif. Data yang diperoleh dari lembar saran digunakan untuk perbaikan modul yang disusun. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya sebuah modul berbasis potensi lokal untuk SMA/MA kelas X materi pokok keanekaragaman jenis amfibi. Penilaian modul keanekaragaman jenis amfibi menurut peer reviewer, ahli materi, ahli media, guru biologi SMA/MA dan siswa SMA/MA adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing adalah 92,8%, 85,7%, 85,3%, 93,3%, 81,6%, dan 90,8%. Kata Kunci: Bahan ajar, modul, keanekaragaman jenis amfibi, potensi lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 13 Jun 2013 09:12
Last Modified: 03 Mar 2016 06:33
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/8138

Actions (login required)

View Item View Item