EFEKTIVITAS METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT

ZIKRIL ILAHI, NIM. 08680013 (2013) EFEKTIVITAS METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; keefektifan metode Word Square dan Talking Stick dalam meningkatkan minat belajar IPA Biologi siswa kelas VII di MT s Negeri Payakumbuh Sumatera Barat, dan keefektifan metode Word Square dan Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII di MT s Negeri Payakumbuh Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian mengunakan pola Pre-test Post-test Control Group Design.. Variabel bebas berupa metode Word Square dan metode Talking Stick, sedangkan variabel terikatnya minat belajar dan hasil belajar siswa. Populasi adalah seluruh siswa VII, pengambilan sampel dengan mengambil 3 kelas dari 7 kelas secara acak, diperoleh kelas VII 2 sebagai kelas perlakuan 1, kelas VII 1 sebagai kelas perlakuan 2 dan kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui instrumen tes (pretest-posttest) dan instrumen angket minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava satu jalur untuk data minat belajar dan uji Kruskal Wallis untuk data hasil belajar dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian diperoleh bahwa Metode Talking Stick lebih efektif meningkatan minat belajar IPA Biologi siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup dibandingkan metode Word Square dan ceramah, berdasarkan hasil uji Tukey dengan signifikansi sebesar 0,000, sedangkan metode Word Square tidak efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa berdasarkan uji Tukey dengan nilai signifikansinya 0,098. Untuk hasil belajar pada aspek kognitif siswa, Metode Talking Stick lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup dibandingkan metode Word Square dan ceramah dilihat dari hasil uji Tukey dengan signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan metode Word Square tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa berdasarkan uji Tukey dengan signifikansi sebesar 0,126. Kata kunci : Metode Word Square, Metode Talking Stick, minat belajar dan hasil belajar pada aspek kognitif siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Jun 2013 16:17
Last Modified: 04 Mar 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8143

Actions (login required)

View Item View Item