UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN REMAJA MELALUI PRAKTEK WIRAUSAHA DI YAYASAN AL-FALAH WIRAUSAHA DI YAYASAN AL-FALAH 2006/2007

AUFAL MAROM - NIM. 03230068, (2008) UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN REMAJA MELALUI PRAKTEK WIRAUSAHA DI YAYASAN AL-FALAH WIRAUSAHA DI YAYASAN AL-FALAH 2006/2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN REMAJA MELALUI PRAKTEK WIRAUSAHA DI YAYASAN AL-FALAH YOGYAKARTA PERIODE 2006/2007)
BAB I, IV,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MEMBANGUN KEMANDIRIAN REMAJA MELALUI PRAKTEK WIRAUSAHA DI YAYASAN AL-FALAH YOGYAKARTA PERIODE 2006/2007)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

ABSTRAK Remaja sebagai generasi penerus adalah pewaris cita -cita perjuangan bangsa yang merupakan sumber daya manusia yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan pembangunan, untuk itu mereka perlu d bimbing dan dibina agar menjadi manusia yang mandiri. Kamandirian yang ada pada diri para remaja tersebut tidaklah muncul begitu saja, namun kemandirian tersebut muncul karena adanya stimulus dan juga support dari orang lain. Yayasan Al-Falah sebagai instansi yang bergerak di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial berupaya membantu para remaja (kadernya) untuk dibimbing menjadi manusia yang mandiri. Salah satu upaya yang dilakukan oleah Yayasan Al-Falah untuk membangun kemandirian para kadernya tersebut ada lah dengan cara mengajak para kadernya untuk menjalankan praktek wirausaha. Sekarang ini profesi sebagai wirausaha sangat dibutuhkan oleh negara. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas. Pemerintah tidak akan mampu menggarap semua aspek pembangunan karena sangat banyak membutuhkan anggaran belanja, personalia, dan pengawasan. Oleh karena itu, wirausaha merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha itu sendiri Bagi para kader adanya praktek wirausaha ini sangatlah bermanfaat bagi dirinya, diantaranya; melatih para kader untuk bersikap mandiri, meningkatkan rasa kepercayaan diri yang ada pada diri kader, menambah pengalaman kerja pada diri kader sehingga menjadikan mereka merasa optimis dalam menjalani hidup, dan lain-lain. Adanya praktek wirausaha selain bermanfaat bagi remaja juga bermanfaat bagi Yayasan Al-Falah itu sendiri, karena hasil praktek wirausaha yang dilakukan oleh para kader tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Yayasan, bahkan sebagian besar seluruh dana untuk keperluan Yayasan Al-Falah, berasal dari hasil praktek wirausaha yang dilakukan oleh para remaja (kader) di Yayasan Al-Falah. Hal ini menjadikan Yayasan Al-Falah selangkah lebih maju karena Yayasan Al-Falah mampu memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri tanpa harus bergantung pada donator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suyanto, S.Sos , M.Si,
Uncontrolled Keywords: remaja, membangun kemandirian, praktek wirausaha, dan hasilnya.
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 May 2012 17:21
Last Modified: 18 Nov 2015 01:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item